Selasa, 25 Juni 2013

Pengering Ikan Tenaga Surya Type ERK-Hybrid




Alat pengering tenaga surya ini merupakan alat yang akan menjadi skripsi saya dan akan menjadi alat yang akan saya ikut sertakan pada lomba inovasi teknologi tepat guna di Balitbangda Provinsi Jambi. SIlahkan dibaca dan semoga bermanfaat. 

Ikan termasuk bahan pangan yang mudah rusak (membusuk). Hanya dalam waktu sekitar delapan jam sejak ditangkap dan didaratkan, sudah akan timbul proses perubahan yang mengarah pada kerusakan. Untuk itu perlu penanganan agar ikan tetap dapat dimanfaatkan meski dengan waktu yang lama. Penangan tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan cara pengeringan.
Pengeringan ialah suatu cara/proses untuk mengeluarkan atau menghilangkan sebagian air dari suatu bahan dengan cara menguapkan sebagian besar air yang dikandungnya dengan menggunakan energi panas. Pengeringan dapat pula diartikan sebagai suatu penerapan panas dalam kondisi terkendali untuk mengeluarkan sebagian besar air dalam bahan pangan melalui evaporasi dan sublimasi.
 Salah satu teknik pengeringan yang banyak dilakukan masyarakat adalah dengan teknik pengeringan sederhana, yaitu dengan memaparkan langsung ikan di bawah sinar matahari biasanya. Teknik pengeringan ini sangat bergantung pada keadaan cuaca pada saat pengeringan. Jika cuaca sedang mendung, maka akan menyebabkan laju pengeringan yang lambat bahkan ketika sedang hujan pengeringan sama sekali tidak dapat dilakukan. Selain itu, pengeringan dengan pemaparan di bawah sinar matahari langsung akan mempengaruhi mutu ikan yang dikeringkan yang disebabkan oleh keadaan lingkungan. Pada pengeringan ikan akan memungkinkan terkena debu dan kotoran-kotoran lain yang terbawa oleh angin. Selain itu, ikan yang sedang dikeringkan juga akan selalu dihinggapi oleh lalat, yang akan membuat ikan menjadi tidak higienis.
Teknik pengeringan yang menggunakan teknologi modern efisiensinya memang jauh lebih tinggi dan menghasilkan produk akhir pengeringan yang lebih baik serta waktu yang lebih cepat. Selain itu, pengeringan yang menggunakan alat berteknologi modern tidak tergantung pada keadaan cuaca pada saat pengeringan, seperti pada pengeringan sederhana yang banyak dilakukan masyarakat. Namun, pada teknik pengeringan ini, selain harga alatnya yang mahal sumber energinya juga terbatas, karena menggunakan energi fosil. Selain itu produksi yang tinggi juga akan menyebabkan biaya yang tinggi, akibat konsumsi bahan bakar atau listrik yang tinggi.

Selama ini masyarakat mengalami banyak permasalahan pada saat pengeringan dengan cara sederhana, seperti keadaan cuaca yang selalu berubah dimana terkadang cuaca mendung yang tidak jarang bisa hingga seharian yang menyebabkan pengeringan tidak dapat dilakukan yang mana hal ini akan berujung dengan kerugian karena ikan-ikan hasil tangkapan menjadi busuk. Sementara itu jika menggunakan alat yang berteknologi maju seperti oven, harganya tentu sangat mahal, selain itu juga masih menggunakan energi fosil atau energi listrik. Hal ini tentu sangat jauh dari jangkauan masyarakat yang hanya beprofesi sebagai nelayan. Alat pengering ikan tenaga surya type ERK-Hybrid merupakan salah satu alat yang diharapkan bisa menjadi  solusi dari permasalahan-permasalahan di atas.

Alat pengering ikan tenaga surya type ERK-Hybrid merupakan alat untuk mengeringkan ikan dengan memanfaatkan energy surya atau panas matahari dengan bantuan kolektor untuk memaksimalkan penyerapan sinar matahari sehingga pengeringan dapat dilakukan lebih cepat. Alat ini juga telah menggunakan system hybrid, yaitu dengan menambahkan tungku biomassa di bagian bawah rak pengering sebagai sumber panas tambahan atau sumber panas alternative. Dengan demikian alat ini tidak akan tergantung oleh keadaan cuaca pada saat pengeringan. Jika cuaca sedang mendung atau bahkan hujan sekalipun, alat ini akan tetap dapat digunakan, yaitu dengan memanfaatkan biomassa seperti arang, kayu bakar, daun-daun kering untuk meghasilkan panas pada tungku biomassa sebagai sumber panas untuk pengeringan. Selain itu, dengan adanya tungku biomassa, alat ini akan tetap dapat dioperasikan pada saat malam hari, sehingga pengeringan dapat dilakukan kapan pun dan tanpa tergantung keadaan cuaca pada saat pngeringan.
Kelebihan dari alat ini salah satunya adalah biaya yang sangat rendah. Pada proses pembuatan alat ini, material-material yang digunakan adalah material yang sangat mudah didapatkan dan harganya juga relative terjangkau. Selain itu pada saat proses pengeringan alat ini sama sekali tidak membutuhkan biaya apapun, karena hanya memanfaatkan energy surya dan panas dari tungku biomassa. Kelebihan lain dari alat ini adalah waktu pengeringan yang relatif singkat, dimana pengeringan dapat dilakukan hanya dalam waktu setengah hari, berbeda dengan pengeringan sederhana yang bisa mencapai tiga hari bila keadaan cuaca sedang terik. Sedangkan untuk kapasitas pengeringan sendiri dapat dirancang sesuai kebutuhan pengeringan. Material-material dari alat ini, pada bagian rangka menggunakan kayu; untuk bagian kolektor menggunakan kaca dengan ketebalan 3 mm, aluminium dan aluminium foil; sedangkan untuk bagian tungku menggunakan plat besi dan aluminium; dan bagian ruang pengering menggunakan kaca sebagai dinding pada keempat sisi dan jaring kawat untuk rak pengering. Alat bantu yang digunakan adalah thermometer untuk mengukur suhu pengeringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari budayakan berkomentar baik